Sunday, April 8, 2018

Peningkatan Kualitas Pendidikan

Daftar Isi Peneltian ...

Tahun 2017 ini target Pendidikan dan Kebudayaan  Indonesia  yaitu penguatan pelaku pendidikan, perluasan akses pendidikan, pembangunan sekolah baru, peningkatan kulitas guru, peningkatan budaya dan revitalisasi (Target Mendikbud).  Namun kualitas pendidikan nasional dan pemerataan masih terus ditingkatkan.  Hal ini menyebabkan secara kumulatif angka peningkatan pendidikan nasional masih lebih kecil dibandingkan negara lain.  Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah pusat dan masyarakat di daerah masing-masing.

Gambar : APKASI
Gambar : RisetDikti



Kualitas pendidikan bagaimanapun akan mempengaruhi jumlah peneliti secara nasional.  Bidang dan jurusan yang beragam disertai kasus yang banyak seharusnya mendapat perhatian kita untuk diteliti. Yang perlu ditingkatkan adalah akses pendidikan dan peningkatan kualitas melalui riset dan penelitian yang aplikatif.



Peningkatan pendidikan dapat dilakukan dengan meningkatkan indikator dan parameter pendidikan. Indikator dapat berupa waktu yang harus ditempuh, biaya yang harus dikeluarkan dan kualitas pendidikan itu sendiri.  Parameter atau ukuran berhasilnya peningkatan perlu juga untuk kita tentukan.  Layanan pendidikan, proses mengajar dan SDM pendidikan juga mendapat perhatian yang cukup untuk ditingkatkan.

Dalam konteks sekolah hal yang perlu mendapatkan perhatian serius yaitu : siswa dan orang tua, layanan sekolah (kurikulum), staf pengajar (guru) dan fasilitas pendukung.  Proses yang dialami siswa mulai dari pendaftaran hingga mendapatkan layanan pengajaran harus tersimpan dalam sistem informasi (database) yang baik.  Secara umum proses terbagi tiga : strategis jangka panjang, operasional jangka pendek dan proses pendukung.


Daftar Link:

  1. Corporate University (CorpU) Indonesia Astimen
  2. Meningkatkan Pendidikan Dengan Penelitian
  3. Kualitas Pendidikan Indonesia APKASI
  4. Menata Kualitas Pendidikan Dikti
  5. Target Pendidikan Depdikbud
  6. Enam Target Mendikbud
  7. Kualitas Pendidikan Indonesia UNESCO
  8. Jurus Mendikbud Percepat Pendidikan
  9. Mau Dibawa Kemana Pendidikan Kita
  10. Index Pendidikan Indonesia JPPI
  11. Kualitas Pendidikan Indonesia Republika
  12. Reflection On Education in Indonesia USAID
  13. World Bank Education in Indonesia 
  14. Grafik Komparasi Object Knomea.com
  15. Cara Indonesia Tingkatkan Mutu Pendidikan
  16. Proses Bisnis Pendidikan Tinggi pdf
  17. Proses Bisnis Pendidikan Tinggi Iza Abdul Aziz
  18. Business Process dan Rencana Mutu SPMI pdf
  19. Masalah Riset Perguriuan Tinggi Indonesia
  20. Link Lainnya

Jurnal :

Buku :

No comments:

Post a Comment