Saturday, April 21, 2018

Jenis Penelitian

Daftar Isi Penelitian ...

Sebelum melakukan penelitian dan menentukan jenis penelitian kita harus memiliki ide penelitan.  Objek apa yang diteliti dan apa hubungan masukan (input) dan keluarannya (output).  Ide adalah ilham yang diberikan kepada kita untuk melakukan penelitian.  Waktu datangnya ide tidak bisa kita tentukan, tergantung kebersihan hati dan pikiran kita.  Orang muda lebih memiliki peluang ide daripada kaum tua.  Namun orang tua memiliki jam terbang atau kebijaksanaan (wisdom) yang tidak dimiliki kaum muda.  Idealnya dipadukan.

Sekarang dinamakan juga era disruptif.  Penelitian dan inovasi yang lahir dari ide kreatif dapat menghanguskan bisnis yang sedang berjalan dan tenang-tenang saja.  Banyak pebisnis bertanya adakah solusi bagi permasalahan mereka melalui inkubasi startup, untuk mengambil ide bisnis. Dengan ide kreatif dalam menemukan akar permasalahan dan memberikan peningkatan dan penyederhanaan proses, bisnis digital banyak memberikan solusi bagi problem yang ada.  Apa kondisinya, seharusnya seperti apa dan apa masalahnya? Apa penelitian dan inovasi yang bisa mengatasi masalah tersebut. Sederhana bukan?

Jenis penelitian banyak ragamnya.  Penelitian dibagi dalam beberapa kategori.  Ada yang dikelompokkan berdasarkan jenis data seperti penelitian kuantitatif (dapat dihitung), kualitatif (dengan survey berskala) dan gabungan (kuantitatif dan kualitatif).  Ada yang dikelompokkan berdasarkan tujuannya seperti penelitian dasar (basic) ada penelitian terapan (applied research). Ada juga yang mengelompokkan dengan tingkat penjelasannya seperti penelitian deskriptif, komparatif dan asosiatif.

Gambar : Marketing

Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang terencana dan terstruktur karena bidang yang diteliti lebih terperinci dan fokus dan dapat berkembang sesuai tempat penelitiannya (laboratorium).  Data penelitian lebih bervariasi dan kompleks.  Penelitian kuantitatif banyak berhubungan dengan angka mulai dari penafsiran dan pengumpulan serta penampilan angka yang terukur.  Metode penelitian kuantitatif ada lebih dahulu dan lama jadi disebut metode tradisional, ilmiah dan scientific.

Penelitian kualitatif adalah penelitian dengan metode yang lebih baru karena bidang yang diteliti lebih luas dan tidak terpola dan banyak menjelaskan data-data yang diperoleh melalui sampel dari data keseluruhan responden yang diamati (populasi).  Biasanya berhubungan dengan fenomena manusia dan sosial kemasyarakatan yang bersifat alamiah.  Penelitian kualitatif sering disebut dengan penelitian naturalistik (natural setting).  Oleh karena itu peneliti harus dibekali dengan wawasan dan pendekatan yang baik.


Dari penerapannya penelitan berifat dasar dan terapan.  Dari dasar ke terapan berupa produk yang ada di masyarakat memerlukan waktu yang panjang.  Oleh karena itu penelitian ini dilakukan oleh peneliti yang berada pada entitas yang berbeda.  Kampus biasanya meneliti penelitian yang bersifat dasar yang dilanjutkan dengan penelitian yang bersifat bisnis (inovasi) pada perusahaan untuk memperoleh keuntungan (laba).  Peneliti dasar dan terapan ini nanti mendapatkan royalti jika produk tersebut berhasil diperjualbelikan di tengah masyarakat.


Link :
  1. Masih Bingung Menemukan Ide Penelitian? Ini Tipsnya.
  2. Menemukan Ide Penelitian Untuk Karya Ilmiah
  3. Sepuluh Tips Menemukan Ide untuk Karya Ilmiah
  4. Penelitian Kuantitatif dan Penelitian Kualitatif
  5. Jenis-Jenis Penelitian Rijal Blog
  6. Jenis-Jenis Peneliitian Binus
  7. Website Riset Pasar (Marketing)
  8. Penelitian Murni dan Terapan
  9. Penelitian Dasar Versus Penelitian Terapan
  10. Kemristekdikti Formulasi Ulang Dana Penelitian Dosen
  11. Komersialisasi Hasil Riser dan Penerapan Paten
  12. Model Komersialiasi Hasil Litbang Digital ITB
  13. Riset Harus Ditunjang dengan Komersialisasi LIPI
  14. Research Methodology Ranjit Kumar Google Book



No comments:

Post a Comment