Friday, April 6, 2018

Kenapa harus penelitan ?

Daftar Isi Penelitian ...

Kenapa penelitian itu penting.  Karena sekarang kita memasuki era disruptif.  Perubahan yang sangat cepat terutama penemuan di bidang teknis dan bisnis terjadi hampir setiap hari. Pada era ini penemuan yang merupakan inti dari penelitian menggulung bisnis yang sudah ada dan mapan.  Oleh karena itu penelitian harus dilakukan oleh siapa saja.

Penelitan secara dimensi waktu mencakup penelitan yang bersifat operasional (saat ini), maupun penelitian untuk kehidupan yang akan datang (nanti).  Alokasi SDM harus dibagi dua dalam terminologi waktu ini.  Jika SDM terbatas, harus ditentukan persentase dan jumlah penelitan secara prioritas untuk saat ini dan masa yang akan datang.  Indonesia sebagai negara yang memiliki jumlah sumber daya yang melimpah, menjadi tantangan tersendiri untuk meningkatkan jumlah penelitinya. Menurut Biro Pusat Statistik (BPS) jumlah penduduk Indonesia tahun 2017 sebesar 261 juta jiwa.



Penelitian ada yang untuk kebutuhan internal, ada yang sudah memenuhi kebutuhan masyarakat.  Hal itu bergantung pada kematangan peneliti dan institusi penelitian itu sendiri.  Penelitian yang dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat (value creation) dapat dikemas dalam bentuk produk yang dapat dikomersialkan dalam harga tertentu.  Oleh karena itu penting bagi lembaga penelitian untuk bekerja sama dengan lembaga komersialisasi atau memiliki unit "jualan" sendiri secara madiri.

Sebagai negara yang terdiri dari banyak pulau, banyak kasus yang berhubungan dengan dunia kemaritiman dan panas bumi menjadi hal menarik untuk diteliti di Indonesia.  Tahun 2017 Indonesia memiliki 4500 karya penelitian terpublikasi.  Negara lain tidak memiliki laboratorium alam sekaya Indonesia.  Karena penelitian memiliki keunikan tersendiri bila diterapkan pada dunia yang berbeda.  Hal ini bisa menjadi kontribusi unggulan Indonesia (body of knowlegde) pada dunia penelitian.


Referensi
  1. Kondisi penelitian di Indonesia Tirto.id
  2. Jumlah peneliti di Indonesia kompas
  3. Jumlah peneliti dan publikasi
  4. Apa kabar Research di Indenesia Yayak Mahardika
  5. Kondisi Riset Indonesia Deni Yusuf
  6. Potret Penelitian di Indonesia
  7. Fakta Dunia Penelitian di Indonesia Prof Sumantri
  8. The World Bank Indonesia Research
  9. Social Research in Indonesia
  10. UNDP Indonesia Research
  11. Indonesia Resarch Global Business Guide
  12. Jumlah Penduduk Indonesia 2017 BPS
  13. Jumlah Penelitian Indonesia Menristek
  14. Future job and skill World Economic Forum
  15. Funding Scientific Research 
  16. Workforce of the future PWC
  17. Future Technology PEW Research Center
  18. Link Lainnya 

No comments:

Post a Comment