Saturday, April 7, 2018

Faktor peningkatan penelitian

Daftar Isi Penelitian ...

Indonesia adalah negara maritim dengan jumlah SDM yang melimpah, ditambah studi kasus yang terjadi menarik untuk diteliti. Pada tahun 2017 menurut BPS jumlah penduduk Indonesia sebesar 261 juta jiwa.  Namun saat ini tahun 2018, jumlah peneliti dan penelitian di Indonesia masih sedikit dibandingkan negara lain. Pasti ada faktor yang mempengaruhi peningkatan jumlah peneliti dan penelitian di Indonesia.  Apa saja faktor itu? Tulisan dan referensi ini adalah salah satu upaya untuk menjawab tantangan tersebut.


Pertama adalah perbaikan proses yang menghasilkan layanan pendidikan berkualitas menjadi penting untuk dicermati.  Karena pendidikan mempengaruhi jumlah peneliti ketika sang anak tumbuh menjadi dewasa.

Kedua adalah adalah kecendrungan SDM itu sendiri untuk menjadi peneliti. Ini merupakan kombinasi bakat (nature) dan lingkungan (nurture) yang menyertainya dalam perjalanan kehidupan.  Peran serta orang tua untuk memproyeksikan salah satu anaknya menjadi peneliti menjadi faktor penting yang mempengaruhi.

Ketiga adalah penyelenggaraan kompetisi atau Award peneliti.  Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi SDM untuk menjadi peneliti.  Award disamping pembinaan kedalam dan keluar institusi, merupakan perhatian yang nyata pada dunia penelitan

Keempat adalah karena visi dan misi penelitian serta sosialisasi visi tersebut ke masyarakat yang perlu peningkatan. Tahun 2020 seperti apa, tahun 2025 dan 2030 penelitian di Indonesia akan seperti apa.  Jika ini sama suhu nya dengan masyarakat suatu bangsa maka penelitian akan dapat ditingkatkan.

Kelima adalah banyak orang Indonesia yang berpendidikan tinggi bekerja di luar negeri karena kurang dapat mengimplementasikan ilmu nya di dalam negeri.  Secara ekonomi jabatan peneliti kurang mendapat sambutan di masyarakat karena penghargaan yang masih perlu ditingkatkan dan disetarakan dengan penelitian bertaraf internasional

Keenam adalah pembiyaan untuk penelitian yang berhubungan dengan keunggulan kompetitif bangsa, perusahaan, institusi hingga SDM. Besarnya bervariasi bukan pada persentase sistem dan kebijakan strategis tetapi bergantung pada individu pengambil keputusan.

Ketujuh adalah daya baca masyarakat yang harus dikuatkan. Daya membaca media sosial saat ini lebih tinggi dari membaca buku.  Penyediaan buku untuk dibaca masyarakat juga mempengaruhi kuantitas dan kualitas daya literasi masyarakat Indonesia

Kedelapan berkaitan dengan pemanfaatan teknologi yang perlu peningkatan misalnya akses internet yang kurang merata dan rendah dibandingkan area nya yang luas.  Hal itu menyebabkan akses informasi serta penyedia data yang rendah.

Kesembilan adalah peneliti sebagai salah satu knowledge worker yang proaktif, inovatif dan kolaboratif. Men-sinergikan penelitian dan perangkat penelitian antar lembaga penelitian, pemerintah, kampus dan sumber daya lainnya di Indonesia, sehingga sumber daya dapat dioptimalkan dan peneliti dapat fokus pada bidang penelitiannya.  Seorang peneliti harus membaca dan meng-quote penelitian yang lain sebagai bahan referensi dan memberikan kontribusi bagi pengetahuan (body of knowledge).

Dan masih banyak hal lain yang dapat kita tambahkan untuk meningkatkan jumlah penelitian dan peneliti dari berbagai sumber pada halaman ini.


Link : 
  1. Guru Pembaharu Blog
  2. Institusi Penelitan ITB
  3. Institusi Penelitian UI
  4. LP2M dan Award Penelitian
  5. Property Research in Indonesia CBC 
  6. Factors Researcing Choice Map
  7. Sinergi Antar Lembaga Penelitian Yusuf Kalla
  8. Link lainnya

No comments:

Post a Comment